Agustus 12, 2022

Pengembangan mouse telah dikreditkan ke Dr Douglas C. Engelbart. Konsep mouse komputer berasal dari tahun 1950-an ketika Inggris mengembangkannya. Ini memiliki tombol tunggal di tengah bola, dan sensor untuk melacak posisinya. Pada tahun 1963, diperkenalkan ke publik. Mouse itu sukses, dan telah menjadi alat yang ada di mana-mana di dunia teknologi komputer.

Mouse pertama dirancang untuk mendeteksi gerakan tubuh atau dagu. Kemudian, menjadi perangkat standar bagi pengguna komputer. Dengan perkembangan industri komputer, mouse telah berubah secara dramatis. Saat ini, berbagai jenis tikus digunakan, masing-masing dengan fitur uniknya sendiri. Berikut adalah model paling populer dan manfaatnya. Mari kita lihat lebih dekat. Setelah Anda mengetahui sedikit tentang apa itu mouse, Anda akan dapat menemukan mouse yang tepat untuk Anda.

Mouse pertama kali ditemukan oleh Douglas Engelbart. Mouse ini adalah perangkat komputer pertama yang menggunakan pointer, yang memungkinkan pengguna untuk menavigasi dan melakukan tugas di layar komputer. Versi paling awal dari mouse menggunakan dua batang yang mengarah ke bawah. Versi saat ini adalah nirkabel dan menggunakan teknologi Bluetooth. Ini memiliki banyak fitur berbeda dan merupakan pilihan yang disukai bagi kebanyakan orang. Mouse modern juga lebih terjangkau dibandingkan versi lawas dan lebih nyaman digunakan.

Mouse ditemukan oleh Bill English pada tahun 1963, dan dinamai menurut namanya. Pada hari-hari awalnya, itu terdiri dari perangkat penunjuk dan keyboard. Versi pertama mouse digunakan untuk NLS (neuro-limbic system), dan versi selanjutnya diberi nama “Green Eyed”. Prototipe pertama mouse dipasarkan ke profesional medis, dan yang pertama mencapai publik.

Tikus pertama kali ditemukan oleh Douglas Engelbart pada tahun 1963. Mouse pada awalnya merupakan perangkat tangan tunggal dengan dua batang, yang memiliki bola kecil yang dapat bergerak maju mundur. Setahun kemudian, mouse trackball dikembangkan oleh Bill English, dan sekarang banyak digunakan oleh banyak orang. Mouse trackball adalah salah satu jenis mouse yang paling populer. Ini dapat digunakan di lingkungan apa pun, dari komputer ke ruang kelas hingga rumah sakit dan universitas.

Mouse dirancang untuk digunakan sebagai alat bagi pengguna untuk menavigasi komputer. Fungsinya awalnya terbatas pada membaca teks dan gambar bergerak, tetapi selama bertahun-tahun, mouse telah memperluas kemampuannya. Keyboard sederhana dapat melakukan pekerjaan keyboard, tetapi mouse canggih lebih kuat daripada sakelar sederhana. Anda dapat mengoperasikan komputer tanpa mouse dengan mengetik dan mengklik keyboard.

Mouse pertama adalah perangkat mekanis yang dioperasikan dengan bola di bagian depan. Itu memiliki sirkuit terintegrasi yang memungkinkan mouse digunakan tanpa sumber daya eksternal. Itu juga memiliki memori internal, yang membuatnya lebih efisien untuk digunakan. Akhirnya, Teknologi Mouse adalah pengubah permainan bagi umat manusia. Dan itu bukan hanya pengubah permainan bagi mereka yang berkecimpung di industri komputer.

Saat ini, ada banyak jenis tikus. Jenis yang paling umum adalah mouse desktop. Mouse menggunakan PCB dan kartu tambahan ISA untuk terhubung ke komputer. Versi dua tombol mouse pertama kali diperkenalkan pada akhir 1980-an dan banyak digunakan di komputer. Ini adalah yang pertama dirancang dan dikembangkan oleh satu perusahaan. Mouse nirkabel, di sisi lain, menggunakan perana kabel untuk berkomunikasi dengan komputer.

Mouse telah berkembang menjadi teknologi modern. Pada 1960-an, Douglas Engelbart dan Bill English merancang notepad tetikus dengan dua batang dan satu tombol. Mouse bola, mouse LED, dan mouse berbasis radio kemudian dikembangkan oleh perusahaan lain. Yang terakhir memperkenalkan mouse multi-tombol. Kemudian, Microsoft dan Apple menciptakan mouse berbasis digital pertama mereka.