Mei 25, 2024

12 Cabang Olahraga Atletik Terpopuler - Tokopedia Blog

Olahraga adalah kata yang berasal dari bahasa Melayu dan berarti setiap kegiatan yang meningkatkan kekuatan fisik atau kebugaran. Kata ini juga memiliki kesamaan etimologi dengan kata “exercise” dalam bahasa Inggris dan “gymnastics” dalam bahasa Jepang.

Olahraga adalah kegiatan yang menggunakan tenaga fisik dan kompetisi keterampilan di bawah seperangkat aturan untuk mencapai suatu tujuan. Istilah “olahraga” sering digunakan untuk menggambarkan silat (silat olahraga), permainan sistem berbasis poin yang tidak hanya membutuhkan keterampilan bertarung yang baik, tetapi juga menguasai taktik bertarung selama pertandingan.

1. Aktivitas fisik

Aktivitas fisik adalah setiap gerakan tubuh yang memerlukan pengeluaran energi. Ini termasuk hal-hal seperti berjalan ke kelas, naik tangga, dan memotong rumput.

Selain baik untuk kesehatan, olahraga juga dapat membuat hidup Anda lebih mudah. Ini dapat mengurangi stres Anda, meningkatkan mood Anda dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda.

Ini juga dapat membantu Anda menurunkan berat badan. Studi menunjukkan bahwa orang yang berolahraga secara teratur memiliki risiko penyakit jantung, diabetes, dan kanker yang lebih rendah.

Salah satu cara terbaik untuk meningkatkan aktivitas Anda adalah dengan membeli tali lompat. Mudah digunakan dan dapat membantu Anda membakar kalori dengan cepat. Selain itu, ini bagus untuk punggung dan inti Anda. Anda akan merasa lebih kuat dan lebih sehat dalam waktu singkat.

2. Interaksi sosial

Interaksi sosial adalah proses pengaruh timbal balik yang dilakukan oleh individu satu sama lain selama pertemuan tatap muka. Ini juga dapat merujuk pada interaksi yang dimediasi secara teknologi seperti mengirim SMS atau skyping.

Goffman menekankan sifat interaksi sosial yang diritualkan, yang melibatkan pola perilaku yang telah ditetapkan sebelumnya yang diikuti individu ketika mereka berada dalam situasi sosial. Ini dapat mencakup skrip dan properti yang digunakan individu untuk menampilkan diri dengan cara yang dimaksudkan agar orang lain melihat mereka seperti yang mereka inginkan.

Selain itu, interaksi sosial diatur oleh praktik pencegahan yang dirancang untuk menghindari rasa malu. Hal ini dapat mempersulit individu untuk mengimprovisasi perilaku mereka di tengah pertemuan sosial.

Oleh karena itu, sejumlah besar deskripsi interaksi sosial yang valid secara ekologis sangat penting untuk mengembangkan taksonomi yang mencakup berbagai situasi sosial. Taksonomi ini dikembangkan berdasarkan kumpulan 5.676 deskripsi (60,0% positif; 40,0% negatif) interaksi sosial dari N = 708 peserta.

3. Latihan mental

Meskipun Anda mungkin tidak ingin menghabiskan waktu luang Anda berlatih untuk kompetisi Iron Man terbaru yang melelahkan, sedikit latihan mental dapat membuat Anda merasa jauh lebih baik. Ini mungkin sesuatu yang sederhana seperti menuliskan beberapa pemikiran Anda yang paling menjengkelkan dan sedikit relaksasi otot.

Latihan mental yang dirancang dan dilaksanakan dengan baik juga dapat menjadi pengingat yang baik bahwa Anda tidak sendirian dan ada bantuan yang tersedia jika keadaan menjadi sedikit di luar kendali. Ada banyak jenis latihan meditasi dan mindfulness yang dapat membantu Anda kembali ke tempat yang tenang dan damai. Yang terbaik akan disesuaikan dengan kebutuhan dan preferensi Anda.

Tidak ada satu ukuran yang cocok untuk semua pendekatan kesehatan mental, jadi penting untuk menemukan latihan yang tepat untuk Anda. Anda dapat melakukan ini dengan bertanya pada diri sendiri beberapa pertanyaan kunci: apa minat dan tujuan Anda? Kemudian lihat daftar kegiatan yang tersedia di komunitas Anda. Jika Anda sedang berjuang untuk menemukan perpaduan yang tepat antara aktivitas mental dan fisik yang akan meningkatkan suasana hati dan menjaga tingkat stres Anda, hubungi kelompok pendukung setempat atau ahli kesehatan mental setempat untuk informasi lebih lanjut.

4. Pereda stres

Banyak stres dapat dikurangi melalui aktivitas fisik. Penelitian telah menunjukkan bahwa latihan aerobik dapat mengurangi tingkat stres, dan juga dapat meningkatkan fungsi kognitif. Namun, banyak orang merasa sulit untuk membiasakan diri berolahraga secara teratur.

Jika Anda kesulitan meluangkan waktu untuk berolahraga, Anda dapat mencoba membagi latihan menjadi beberapa sesi yang lebih pendek sepanjang hari. Misalnya, Anda dapat membagi sesi olahraga terkait pekerjaan menjadi 10 menit, atau melakukannya sebelum atau sesudah istirahat makan siang.

Ada banyak jenis olahraga untuk menghilangkan stres, termasuk yoga dan tai chi. Latihan ini dirancang untuk membantu tubuh Anda mengirimkan sinyal ketenangan dan kontrol yang dapat mengurangi ketegangan mental.

Satu studi, yang diterbitkan pada tahun 2021, menemukan bahwa siswa yang melakukan latihan aerobik 10 menit sebelum atau setelah minggu ujian yang penuh tekanan memiliki tingkat stres yang lebih rendah dan fungsi kognitif yang lebih baik. Studi tahun 2021 lainnya menunjukkan bahwa latihan sepuluh menit di akhir hari sekolah yang panjang juga dapat mengurangi tingkat stres dan meningkatkan fungsi kognitif.