Juni 20, 2024

Olah raga hanya seminggu sekali, bermanfaatkah? | AtmaGo

Olahraga kardio adalah olahraga yang dimanfaat untuk kesehatan jantung, keruntuhan tubuh dan oksigen. Olahraga tersebut memungkinkan pengekspor tubuh dengan durasi yang besar dan gerakan yang cepat, seperti sepak bola.

Banyak studi menujukkan bahwa olahraga kardio bermanfaat untuk mengurangi risiko penyakit jantung, seperti stroke, diabetes, hiperkolesterolemia dan pradiabetes.

1. Peregangan

Latihan peregangan bisa menjadi cara yang bagus untuk memperkuat dan mengencangkan tubuh Anda. Cobalah melakukan squat, push up, dan sit up secara berkala.

Olahraga seperti lari dan bersepeda dapat bermanfaat bagi jantung Anda. Ini karena mereka dapat meningkatkan daya tahan Anda, mengurangi tingkat stres, dan membantu Anda membakar lemak. Selain itu, mereka juga dapat mengurangi risiko stroke dan penyakit jantung.

2. Yoga

Yoga adalah latihan yang sangat baik untuk mencegah atau mengelola masalah jantung. Ini dapat membantu memperkuat jantung, meningkatkan kapasitas paru-paru, dan meningkatkan aliran darah ke otak dan organ.

Klinik Cleveland merekomendasikan melakukan yoga setidaknya 30 menit sehari. Cobalah berbagai gaya, seperti power, hatha, dan vinyasa. Yoga juga dapat membantu meningkatkan kesehatan dan fokus. Bahkan bisa membantu menurunkan tekanan darah.

3. Berjalan

Jalan cepat adalah olahraga yang bagus untuk jantung karena dapat membantu Anda mendapatkan jantung yang sehat dan meningkatkan sirkulasi darah. Olahraga ini dapat membantu Anda mencegah stroke, menurunkan tekanan darah, dan membantu menurunkan berat badan.

Jalan cepat juga dapat membantu Anda mengurangi stres dan depresi. Bahkan dapat membantu Anda menurunkan kolesterol dan melindungi Anda dari diabetes.

4. Berenang

Berenang adalah olahraga berdampak rendah yang bagus yang dapat membantu Anda meningkatkan kesehatan jantung. Ini dapat mengurangi trigliserida, meningkatkan sirkulasi darah dan membantu Anda mempertahankan berat badan yang sehat.

Penelitian menunjukkan bahwa jalan cepat dan berenang dapat mengurangi risiko stroke, penyakit jantung, dan masalah medis lainnya. Ini juga dapat meningkatkan kesehatan tulang dan persendian Anda.

Cobalah untuk memasukkan beberapa aktivitas ini ke dalam rutinitas harian Anda!

5. Berenang putaran

Berenang lap adalah cara yang bagus untuk meningkatkan kesehatan jantung Anda. Ini juga membantu Anda memperkuat kaki, punggung, dan lengan Anda.

Jalan cepat bisa menjadi latihan yang bagus untuk jantung Anda. Ini dapat membantu Anda membakar kalori, mengurangi stres, dan bahkan menurunkan berat badan.

Anda bisa melakukan aktivitas ini di rumah atau di atas treadmill. Penting untuk berolahraga secara teratur agar tubuh tetap sehat.

6. Lomba renang

Perlombaan renang adalah cara yang bagus untuk meningkatkan kesehatan jantung Anda. Mereka dapat membantu Anda mempertahankan berat badan yang sehat, meningkatkan elastisitas di arteri Anda, dan mengurangi risiko stroke.

According to the British Medical Association, bersepeda secara rutin dapat memungkinkan resiko penyakit koroner dan mengurangi aliran darah ke seluruh tubuh. Plus, it’s a lot of fun! Just make sure to wear a life jacket.

7. Aerobik

Jakarta — Olahraga aerobik adalah salah satu aktivitas fisik yang bermanfaat untuk meningkatkan detak jantung. Sebagai latihan olahraga kardio, aerobik dapat meningkatkan sirkulasi, menurunkan tekanan dari tubuh, dan membuat oksigen seluruh tubuh menjalani dengan baik.

Ketika menghadiri sesi olahraga kardio, kamu bisa memiliki tes Prodia Sport Genomics di aplikasi Halodoc. Download it now!

8. Latihan beban

Selain menyenangkan, olahraga treadmill bisa bermanfaat untuk kesehatan Anda. Peneliti Cleveland Clinic menemukan bahwa latihan treadmill dapat memberikan manfaat yang sama seperti latihan interval intensitas tinggi dan latihan terus menerus bagi mereka yang memiliki kondisi kronis seperti penyakit jantung.

Saat menggunakan treadmill, pastikan untuk bekerja dalam detak jantung target Anda. Juga, jangan melebihi tingkat toleransi Anda untuk kecepatan dan tanjakan.

9. Lomba renang

Swimming races merupakan olahraga yang sering diharapkan untuk meningkatkan kesehatan jantung dan paru-paru. It can also help reduce obesitas, yang berbahasa ketika tumpahan tersebut menyebabkan penyakit jantung koroner.

Ini adalah olahraga yang baik untuk meningkatkan aliran darah, meningkatkan kolesterol baik, membakar kalori, stres, dan tingkat kekeringan. Lari juga mempunyai manfaat untuk pasien diabetes tipe 2, lho! Blibli Friends, juga bisa membahas pertandingan yang mudah.

10. Putaran renang

Berenang pangkuan dapat membantu Anda membakar kalori, dan juga dapat meningkatkan daya tahan kardiovaskular Anda. Namun, penting untuk dicatat bahwa perenang sering menggunakan definisi yang berbeda tentang apa yang dimaksud dengan putaran renang. Misalnya, banyak perenang kompetitif menganggap satu renang sama dengan satu mil saat mereka menghitung jarak renang. Ini karena memungkinkan mereka menghitung putaran renang mereka dengan lebih tepat.